Comments

TIP SEDERHANA MENJAGA KEHARMONISAN RUMAH TANGGA



Tips Sederhana Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Anda



Menjaga keharmonisan sebuah rumah tangga bukan perkara mudah. Tak heran jika angka perceraian di Indonesia sangat besar. Itu pun kasus perceraian yang melalui persidangan. Masih banyak perpisahan yang tidak disidangkan, seperti suami pergi meninggalkan anak istrinya atau istri yang pergi meningalkan suami beserta anaknya.
Jika Anda sedang mencari tips menjaga keharmonisan rumah tangga, Anda datang pada tempat benar. Pada postingan ini, kami akan mengutarakan 9 tips untuk menjaga agar rumah tangga tetap harmonis. Bukan hanya itu, tips ini sangat sederhana sehingga sangat mudah untuk diaplikasikan dalam kehidupan rumah tangga Anda.
Meski sederhana tips ini sangat ampuh, sehingga kami optimis jika Anda menerapkan dengan sungguh-sungguh Anda mampu mempertahankan keluarga yang harmonis. Dan jika Anda belum bisa mendapatkan kehidupan yang harmonis, 9 tips ini juga cocok untuk Anda. Karena selain untuk menjaga, tips yang akan kami sampaikan juga berfungsi untuk membangun keluarga bahagia.
Anda penasaran dengan tips-tips tersebut? Berikut ke sembilan tips menjaga keharmonisan rumah tangga. Silahkan pahami dan simak dengan seksama.

1. Saling memahami

Tips pertama untuk menjaga keharmonisan rumah tangga adalah dengan saling memahami. Ini merupakan hal yang sangat penting, karena jika Anda dan pasangan Anda mengerti (memahami) satu sama lain, akan menjadi sebuah modal yang besar untuk menjaga keharmonisan rumah tangga Anda.
Dengan saling memahami antara Anda dan pasangan Anda konflik dalam rumah tangga dapat diminimalisir. Karena, konflik dalam sebuah keluarga tercipta karena antara suami dan istri tidak bisa memahami satu sama lain. Maka dari itu, saling memahami satu sama lain akan membantu Anda dan pasangan untuk mempertahankan bahkan membangun keluarga yang sakinah dan mawaddah.

2. Saling menghargai

Selain saling memahami, saling menghargai juga penting. Karena ketika Anda bisa menghargai pasangan Anda atau sebaliknya. Rumah tangga yang harmonis bukan hal yang mustahil untuk diraih. Karena orang yang menghargai cenderung memahami, dan ini sebuah modal yang besar untuk menjaga dan membangun keluarga yang harmonis, seperti penjelasan poin sebelumnya.
Anda dan juga pasangan Anda harus saling menghargai, karena ini merupakan salah satu kunci mempertahankan keharmonisan rumah tangga. Dengan saling menghargai, Anda dan pasangan akan sangat minim terjadi kesalahan pahaman.

3. Berusaha menyenangkan pasangan

Mempertahankan rumah tangga tidak sebatas saling menghargai dan mengerti. Anda juga harus berusaha untuk menyenangkan pasangan Anda, jika Anda pria tentu istri yang dimaksud, begitupun sebaliknya.
Dengan demikian akan tercipta keluarga yang harmonis. Hal ini disebabkan oleh sikap yang berusaha saling membahagiakan pasangan. Cara ini sangat efektif untuk mempertahankan keharmonisan rumah tangga.

4. Atasi masalah bersama

Pernikahan merupakan bentuk dari relasi partnership. Partnership yang berdiri di atas landasan kesamaan tujuan, cita-cita, sikap, perasaan, kolaborasi dan solidaritas dalam memecahkan setiap persoalan. Setiap masalah yang timbul dalam kehidupan suami-istri, maka harus diselesaikan secara bersama-sama.
Jika Anda sebagai istri atau suami memilih menyembunyikan masalah untuk diselesaikan secara pribadi, maka akan menimbulkan rasa kecurigaan dari pihak pasangan. Dan hal ini yang akan menjadi awal bumerang dari keharmonisan rumah tangga Anda saat ini. Jadi usahakan untuk selalu menyelesaikan masalah secara bersama-sama.
Suami maupun istri tidak perlu menyembunyikan problemnya, bahkan diperlukan kejujuran dan traparansi demi menumbuhkan benih-benih kepercayaan dan saling pengertian satu sama lain. Sehingga ketika ada masalah akan lebih mudah menemukan solusi. Bisa jadi, permasalahan memiliki dampak positif untuk meneguhkan ikatan suami-istri.
Dengan selalu berusaha menyelesaikan setiap masalah yang ada secara bersama-sama akan membantu menjaga keharmonisan sebuah rumah tangga. Bukan hanya itu, jika Anda dan pasangan menyelesaikan masalah bersama, akan menjadi contoh yang baik untuk anak-anak Anda.

5. Jujur apa adanya

Sikap terus terang, kejujuran, dan keberanian adalah kunci kebahagiaan dalam sebuah kehidupan berumah tangga. Ketika menjalani sebuah kehidupan dalam berkeluarga pasti Anda pernah melakukan kesalahan. Jujurlah akui kesalahan Anda dan Anda harus segera meminta maaf kepada pasangan Anda.
Dan juga Anda harus berjanji untuk tidak mengulanginya lagi di kemudian hari. Sikap tersebut sama sekali tidak berarti menistakan status dan harga diri Anda. Hal itu justru mendorong pihak pasangan untuk menghormati, mempercayai, dan memaafkan Anda. Dengan demikian Anda sudah menjaga sebuah keharmonisan dalam rumah tangga, karena meminimalisir konflik yang lebih besar.

6. Peduli

Bagian fragmen terindah kehidupan rumah tangga adalah kepedulian dan solidaritas yang dilakoni suami atau istri dalam menghadapi kesulitan. Ketika seseorang merasakan pasangannya berada disisinya dan selalu memeberikan dukungan, ia merasa lebih kuat dan penuh percaya diri. Dengan demikian, pasangan juga akan memberikan timbal balik yang sama.
Rasa timbal balik dari kepedulian pasangan akan menciptakan sebuah keharmonisan dalam rumah tangga. Jika rumah tangga Anda sudah harmonis, tips ini sangat efektif untuk mempertahankannya. Sehingga tercipta sebuah keluarga yang bahagia, yang akan membawa Anda ke kebahagian hidup yang sesungguhnya.

7. Ramah

Kearifan satu sama lain akan menciptakan sebuah rumah tangga yang indah. Kearifan atau keramahan untuk menjalin suatu hubungan dalam keluarga juga mampu menciptakan sebuah efek yang mampu membangun dan mempertahankan keluarga yang harmonis. Maka tak heran jika dalam sebuah keluarga satu sama lain saling menjaga kearifan, akan mampu membuat sebuah rumah tangga yang harmonis.

8. Jaga komunikasi

Pastikan untuk selalu menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan Anda. Cobalah cari waktu untuk pergi bersama dan mendiskusikan kesukaan serta minat Anda dan pasangan. Komunikasikan dengan satu sama lain secara jelas tentang harapan masing-masing.
Saat melakukan komunikasi dengan pasangan Anda, jadilah seorang pendengar yang baik. Dengan berkomunikasi secara intensif dengan pasangan Anda, ini akan mempertahankan sebuah keharmonisan rumah tangga. Jadi lakukan komunikasi secara rutin dengan pasangan Anda.

9. Liburan

Ketika Anda dan pasangan sudah punya kesibukan masing-masing, cobalah untuk meluangkan hari untuk pergi liburan bersama pasangan. Buatlah rencana untuk sebuah perjalanan ke suatu tempat di mana Anda akan menghabiskan waktu bersama pasangan, meskipun hanya dua atau tiga hari.
Berliburlah ke tempat dimana akan mengingatkan Anda dan pasangan saat masa-masa pacaran. Ini akan menciptakan sebuah efek yang besar dalam mempertahankan keluarga yang harmonis. Anda dapat melakukan liburan dua atau tiga bulan sekali bersama pasangan.
Selain untuk mempertahankan hubungan yang harmonis dalam rumah tangga. Berlibur akan mengurangi tingkat stres Anda. Stres akan menimbulkan banyak efek negatif dalam sebuah rumah tangga yang menyebabkan konflik, sehingga Anda dan pasangan akan bertengkar kecil atau bahkan bisa sampai pada perceraian. Percayalah berlibur bersama pasangan akan mampu menjaga keharmonisan rumah tangga Anda.
Membangun rumah tangga yang harmonis bukan hal yang mudah, dan mempertahankannya adalah yang menantang. Itulah tips menjaga keharmonisan rumah tangga. Silahkan lakukan satu atau lebih dari tips di atas untuk mempertahankan keharmonisan rumah tangga Anda. Semakin banyak yang dilakukan tentu akan semakin baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIP SEDERHANA MENJAGA KEHARMONISAN RUMAH TANGGA"

Posting Komentar